Artikel Terkini

Bupati Nias Selatan, Buka Turnamen Voli STIH Nisel Cup V 2019

Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Nias Selatan (STIH Nisel) melaksanakan pembukaan kegiatan Tournament Bola Voli dalam rangka perayaan Diesnatalis STIH Nias Selatan ke-V Tahun 2019, Sabtu (19/10/2019).

STIH Nisel merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Nias Selatan dan di Kepulauan Nias, dibawah naungan Yayasan Pendidikan Nias Selatan (YPNS) yang dipimpin oleh Bambowo Laiya, MA selaku Ketua Yayasan.

Ketua Panitia Juniusman Duha dalam laporannya menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan Turnamen ini yakni peraturan perundangan-undangan terkait dengan sistem keolahragaan dan keputusan Ketua STIH Nisel tentang pembentukan kepanitiaan.

“Bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat gemar berolahraga dan menjadikan olahraga sebagai gaya hidup, menstimulasi lembaga, individu, kelompok, dan klub secara khusus cabang Olahraga Bola Voli di Kabupaten Nias Selatan dan dengan mengusung tema “Sportvitas Membentuk Semangat Nasionalisme”.

Ir Alfred Laia yang merupakan tokoh masyarakat Nias Selatan mengapresiasi yang setinggi-tinginya kepada Perguruan Tinggi STIH NISEL atas kepedulianya dalam membangun dan mengembangkan olahraga bola voli di Kabupaten Nias Selatan yang secara berturut-turut selama lima kali penyelenggaraan tetap konsisten dalam menyelenggarakan turnamen bola voli ini.

Terkait dengan tema yang diusung oleh panitia, Ir Alfred Laia menyampaikan bahwa kiranya melalui turnamen bola voli ini yang merupakan bagian kecil dalam pelaksanaan event pada skala nasional dapat menumbuhkan semangat nasionalisme dengan menumbuhkan jiwa yang sportif.

Ir Alfred Laia yang merupakan Ketua DPD Partai Nasdem ini, mengajak masyarakat Nias Selatan agar menjaga kondusifitas selama berlangsungnya pertandingan ini dan berharap kiranya semua saling support sehingga kebanggaan nasional di NKRI yang selama ini seakan mulai tergerus.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Nias Selatan yang tetap mendukung olahraga di Kabupaten Nias Selatan secara khusus pada turnamen STIH Nisel.

Ketua STIH Nias Selatan Hasaziduhu Moho SH MH mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan perwujudan kepedulian STIH Nias Selatan dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian, Pengajaran dan Penelitian. Hal ini tentu bukan semerta-merta karena kemampuan Mahasiswa/i dan Perguruan Tinggi STIH Nias Selatan, melainkan karena seluruh faktor pendukung yakni para Simpatisan, Donatur yang selalu mendukung baik secara materil maupun immateril.

“Turnamen Bola Voli ini merupakan peran STIH Nisel bahwa Nias Selatan memiliki potensi besar dan Pemuda yang handal yang kedepan dapat menjadi agen perubahan, sosial kontrol dan Iron Stock atau calon pemimpin masa depan. Mengingat tentang tema sportivitas membentuk semangat nasionalisme, sportifitas memiliki 3 (tiga) poin makna yakni pertama melalui makna sportifitas dapat Menghargai orang lain dengan cara-cara yang sportif, makna yang kedua bagaimana kemudian kita menghargai perbedaan, sebab melalui olahraga bola voli mampu menjembatani perbedaan dengan tidak memandang suku, ras, bahasa dan agama. Dan makna sportifitas yang ketiga adalah membenahi diri dengan cara terus menerus, apa yang dicapai hari ini dapat ditingkatkan kedepan,” tandasnya.

Ketua STIH NISEL menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah Kabupaten Nias Selatan dalam hal ini bupati Nias Selatan dimana pada masa kepemimpinan Bupati Dr Hilarius Duha SH MH mahasiswa STIH Nias Selatan tercover sebagai penerima pembebasan biaya pendidikan termasuk dukungannya kepada turnamen STIH Nisel secara terus menerus. Kepada Ir Alfred Laia, Ketua STIH NISEL juga menyampaikan apresiasi atas kepedulianya terhadap pemuda di Kabupaten Nias Selatan.

“Meminta kesediaan Bupati Nias Selatan untuk memberikan arahan dan bimbingan sekaligus membuka secara resmi kegiatan turnamen bola voli STIH Nisel Cup-V.
Pada arahan dan bimbingannya,” pungkas, Ketua STIH NISEL.

Bupati Nias Selatan Dr Hilarius Duha SH MH menyampaikan bahwa kegiatan-kegiatan olahraga dalam globalisasi kehidupan, dalam aspek pembangunan, olahraga sangat perlu bagian dari pada pembangunan manusia seutuhnya. Dalam pembangunan nasional, ada bagian-bagian yang memang sumber daya manusia harus memiliki fisik dan psikis yang harus mampu untuk bersaing dalam era globalisasi.

“Dalam rangka pelaksana turnamen ini banyak manfaat yang dapat diambil. Yang pertama manfaatnya adalah percaya diri, yang kedua peredaran darah menjadi lancar dan yang ketiga ada kerja otak dimana otak berjalan dengan baik dengan positif, dan yang ke empat akan meningkatkan daya tahan tubuh,” ujar Hilarius Duha.

Bupati Hilarius juga mendorong para atlet agar memanfaatkan olahraga, sebab merupakan bagian untuk membentuk jiwa yang sportif. Sebab olahraga bukanlah ajang mencari lawan melainkan menciptakan rasa persaudaraan. Dan ianya juga menyampaikan bahwa olahraga saat ini sudah menjadi wadah produksi, melalui olahraga dapat menciptakan peluang-peluang dalam karir.

Usai menyampaikan arahan dan bimbingannya, Bupati Nias Selatan Dr Hilarius Duha SH MH membuka Turnamen STIH Nisel Cup-V Tahun 2019 Dalam Rangka Diesnatalis yang ke Enam STIH Nisel secara resmi dengan melakukan pukulan bola pertama.

Pada kegiatan pembukaan Turnamen STIH Nisel Cup-V turut dihadiri oleh Camat Telukdalam, dan civitas akademik YPNS, serta seluruh mahasiswa STIH Nias Selatan.

Sumber: mudanews.com

Share this post