Struktur & Fungsionaris

TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB JABATAN FUNGSIONAL STIH NIAS SELATAN

  1. Yayasan Pendidikan Nias Selatan (Yayasan) adalah Badan Penyelenggara Pendidikan Tinggi atas (1) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan  (STKIP) Nias Selatan (2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nias Selatan dan (3) Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Nias Selatan;
  2. Dalam melaksanakan kegiatannya, Yayasan membentuk Badan Pengurus Harian (BPH) sebagai pihak yang sering berhubungan dengan Pimpinan Perguruan Tinggi.
  3. Mengangkat dan/atau memberhentikan Ketua STIH Nias Selatan setelah melalui proses pemilihan yang telah dilakukan oleh Senat STIH Nias Selatan. Pengesahan pengstambuk/pemberhentian tersebut harus dilaporkan kepada Menteri.
  4. Mengangkat Dosen Tetap Yayasan (DTY) yang diusulkan oleh Ketua STIH Nias Selatan setelah persetujuan dari Senat.
  5. Menetapkan Tugas pokok dan Fungsi setiap jabatan fungsional. Dalam hal ini dijabarkan dalam Statuta STIH Nias Selatan.
  6. Mengatur tata cara pengambilan keputusan Senat STIH Nias Selatan yang dicantumkan dalam statuta.
  7. Menetapkan Statuta Perguruan Tinggi
  8. Dalam hal administrasi, Yayasan berfungsi sebagai pihak yang menyampaikan laporan kepada Menteri.
  1. Dipilih oleh Anggota Senat
  2. Ketua STIH Nias Selatan diangkat dan diberhentikan (Pengesahan/Surat Keputusan) oleh Ketua Yayasan Pendidikan Nias Selatan setelah mendapatkan pertimbangan Senat STIH Nias Selatan dan dilaporkan kepada Menteri.
  3. Masa jabatan Ketua STIH Nias Selatan adalah 4 (empat tahun) dan dapat dipilih/diangkat kembali paling banyak 2 (dua) kali secara berturut-turut.
  4. Mengangkat dan memberhentikan fungsionaris Perguruan Tinggi (Pembantu Ketua, Kepala Bagian, Kaprodi, Kepala LPM, Kepala Balitbang, Kepala Perpustakaan, dan fungsionaris lainnya) setelah berdiskusi dan/atau berkoordinasi dengan Ketua Yayasan;
  5. Ketua memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, membina tenaga kependidikan, mahasiswa, tenaga administrasi, dan administrasi STIH Nias Selatan serta hubungan dengan lingkungannya.
  6. Bilamana Ketua berhalangan tiak tetap, Pembantu Ketua bidang Akademik bertindak sebagai Pelaksana Harian Ketua.
  7. Menerima/menolak laporan dari masing-masing Pembantu Ketua, Satuan Pelaksana Administrasi dan Satuan Pelaksana Teknis STIH Nias Selatan;

1.Merupakan badan normatif dan perwakilan tertinggi STIH Nias Selatan;

2. Anggota Senat terdiri dari para guru besar, Ketua, Pembantu Ketua, Ketua Prodi, Wakil dosen dan unsur lain yang ditetapkan oleh Senat.

3. Bertugas :

  • Merumuskan kebijakan akademik dan pengembangan STIH Nias Selatan;
  • Merumuskan kebijakan penilaian prestasi akademik dan pengembangan kecakapan serta kepribadian civitas akademika
  • Merumuskan norma dan tolak ukur penyelenggaraan STIH Nias Selatan;
  • Memberikan pertimbangan dan persetujuan atas Rencana Pendapatan dan Belanja STIH v yang diajukan oleh Pimpinan STIH Nias Selatan
  • Menilai pertanggungjawaban Ketua STIH Nias Selatan atas pelaksanaan kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi kampus;
  • Merumuskan peraturan pelaksanaan kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuan pada STIH Nias Selatan
  • Memberikan pertimbangan kepada penyelenggara perguruan tinggi berkenaan dengan calon-calon yang diusulkan untuk diangkat menjadi Ketua STIH Nias Selatan yang bersangkutan dan dosen yang dicalonkan memangku jabatan akademik di atas Lektor dan menegakkan norma-norma yang berlaku bagi civitas akademika.

4. Senat dipimpin oleh Ketua STIH Nias Selatan dan dibantu oleh Sekretaris, yang dipilih diantara anggota Senat.

5. Dalam melaksanakan tugasnya, Senat STIH Nias Selatan dapat membentuk komisi-komisi yang beranggotakan anggota Senat STIH Nias Selatan dan bila dianggap perlu ditambah anggota lain.

6. Tata cara pengambilan keputusan dalam rapat Senat STIH Nias Selatan diatur dalam statuta STIH Nias Selatan yang bersangkutan.

7. Menjabarkan statuta STIH Nias Selatan ke dalam rincian tugas unit dan uraian jabatan di semua jenjang struktur organisasi STIH Nias Selatan ditetapkan oleh Senat STIH Nias Selatan.

  1. Diangkat dan diberhentikan oleh Ketua STIH Nias Selatan setelah mendapat pertimbangan dari Senat dan Badan Penyelenggara.
  2. Masa jabatan Pembantu Ketua adalah 4 (empat) tahun, dan dapat diangkat kembali dengan ketentuan tidak boleh lebih dari dua kali masa jabatan berturut-turut.
  3. Pembantu Ketua terdiri dari :
    • Bidang Akademik : membantu Ketua dalam memimpin pelaksanaan pendidikan dan pengajaran (program studi dan kelompok dosen), penelitian (Balitbang) dan pengabdian kepada masyarakat (LPM), termasuk Laboratorium.
    • Pembantu Ketua Bidang Administratif : membantu Ketua dalam memimpin pelaksanaan kegiatan di bidang administrasi keuangan, Bagian Administrasi Umum (BAU) juga meliputi Bagian Akademik dan Administrasi Kemahasiswaan (BAAK), serta administrasi perencanaan dan sistem informasi.
    • Pembantu Ketua Bidang Kemahasiswaan membantu Ketua dalam memimpin pelaksanaan kegiatan pembinaan mahasiswa, dan pelayanan kesejahteraan mahasiswa (melalui organisasi mahasiswa).
  1. Dipimpin oleh seorang Kepala yang diangkat dan diberhentikan oleh Ketua STIH Nias Selatan
  2. Sebutan untuk satuan pelaksana administrasi adalah Bagian (Kepala Bagian)
  3. Pelaksana Administrasi terdiri atas Bagian Administrasi Akademik dan Bagian Administrasi Keuangan, Bagian Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi.
  4. Masing-masing kepala bagian bertanggungjawab langsung kepada Ketua STIH Nias Selatan. (dengan demikian Unit Pelaksana Administrasi hanya mempunyai hubungan koordinasi dengan Pembantu Ketua Bidang Adminstrasi serta para Pembantu Ketua lainnya).

– Ketua Program Studi (Prodi) :

  • Prodi adalah satuan pelaksana akademik, di bidang pendidikan yang dibawahi langsung oleh Pembantu Ketua Bidang Akademik
  • Ketua Program Studi (Kaprodi), memimpin pelaksanaan dan penyelenggaraan pendidikan di Prodi (juga penyusunan kurikulum) termasuk para dosen yang ditetapkan mengajar pada prodi yang bersangkutan.
  • Kaprodi bertanggungjawab kepada Pembantu Ketua I Bidang Akademik
  • Ketua Program Studi diangkat oleh Ketua STIH Nias Selatan atas usul Pembantu Ketua I Bidang Akademik.
  • Apabila terdapat Laboratorium pada program studi, maka kepala Laboratorium bertanggungjawab kepada Kaprodi.
  • Masa jabatan Ketua Program Studi adalah 4 (empat) tahun, dan dapat diangkat kembali dengan ketentuan tidak boleh lebih dari dua kali masa jabatan berturut-turut.

– Lembaga Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (LPM-PT):

  • Diangkat/diberhentikan oleh Ketua STIH Nias Selatan atas usul Pembantu Ketua I Bidang Akademik
  • Bertanggungjawab kepada Ketua STIH Nias Selatan.

– Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) :

  • Diangkat/diberhentikan oleh Ketua STIH Nias Selatan atas usul Pembantu Ketua I Bidang Akademik
  • Bertanggungjawab kepada Ketua STIH Nias Selatan

– Lembaga Bantuan Hukum STIH Nias Selatan dipimpin oleh dosen yang memiliki keahlian untuk itu sebagai Inkubator dan/atau Laboratorium

– Dosen-dosen

  1. Diangkat/diberhentikan oleh Ketua STIH Nias Selatan setelah mendapat pertimbangan dari Senat.
  2. Masing-masing satua kepala unit, bertanggungjawab langsung kepada Ketua STIH Nias Selatan.
  3. Unit penunjang STIH NIAS SELATAN terdiri dari :
  • Perpustakaan
  • Inkubator dan/atau Laboratorium
  • Dan unit lainnya

Organisasi Kemahasiswaan diatur dalam ketentuan tentang Organisasi Kemahasiswaan yang tekhnik pelaksanaannya dilakukan oleh Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan hasilnya dilaporkan kepada Ketua STIH Nias Selatan.

FUNGSIONARIS STIH NIAS SELATAN

UNSUR PIMPINAN

Ketua: Hasaziduhu Möhö, S.H., M.H
Puket I: Laka Dödö Laia, S.H., M.H
Puket II: Dikir Dakhi, S.H., M.H
Puket III: Dalinama Telaumbanua, S.H., M.H
Kaprodi Ilmu Hukum: Arianus Harefa, S.H., M.H

UNSUR PELAKSANA ADMINISTRASI DAN AKADEMIK

Kepala BAU: Ferinus Maduwu, S.Pd
Kepala BAAK: Efrata Bu’ulölö, S.E
Kabag BAAK: Libertus Möhö, S.Pd

UNSUR PENUNJANG

Ka. LPM-PT: Klaudius Ilkam Hulu, S.H., M.H
Ka.LP3M: Yonathan Sebastian Laowö, S.H., M.H
Direktur LBH STIH: Kosmas Dohu Amajihönö, S.H., M.H
Ka. Keuangan: Anita Zagötö, S.Pd., M.Pd
Ka. Perpustakaan: Impiani Zagötö, S.Pd., M.Pd